Online Strategist, Creative Designers, Web Technologist MarComm Practitioners, E-Commerce and Education __________________________ under one roof.

Strategi Social Media SOYJOY Indonesia: dari Studi Kasus Asia, Kini Mendunia

August 27, 2010
Oleh Iim Fahima Jachja

“Kata klien @SOYJOYID, SoyJoy Healthylicious menginspirasi program serupa di negara lain. Dari case Asia jadi worldwide”

“Negara mana saja yang terinspirasi online realty show SoyJoy Healthylicious? Ada beberapa negara di Eropa dan Asia”

Begitulah isi tweet saya kemarin sore setelah mendengar kabar membanggakan yang datang langsung dari Ricky Suhendar, mantan brand manager SOYJOY yang kini diterjunkan untuk menangani Pocari Sweat. Ricky menyebutkan bahwa SoyJoy Healthylicious akan diadaptasi oleh beberapa negara.

Soyjoy Healthylicious adalah sebuah program hidup sehat tanpa karantina yang merupakan salah satu strategi SOYJOY dalam membangun kedekatan dan menciptakan percakapan di social media. Program dilakukan secara serius. Sebelum mulai, para finalis di cek darah-nya sehingga terdeteksi kadar kolesterol, gula darah dan lainnya. Setelah itu, selama tiga bulan mereka akan diberi panduan cara hidup sehat dan diminta disiplin mengikuti panduan tersebut. Bagi yang di akhir program hasil cek darahnya paling sehat, dia berhak mendapat hadiah jalan-jalan ke Jepang selama empat hari. Lebih detail tentang program ini bisa dilihat Blog Soyjoy.

Dalam seminar Social Media Strategy: Learning from Indonesia Cases, April 2010 yang dihadiri lebih dari 300 praktisi marketing dari brand manager hingga CEO, Ricky menjelaskan bahwa strategi social media SOYJOY Indonesia menjadi bahan perbincangan di SOYJOY Asia. Namun dengan kabar terakhir ini, artinya strategi social media SOYJOY Indonesia naik tingkat dari studi kasus Asia menjadi skala dunia.

Di seminar Asian Bloggers and Social Media Conference 2010 yang diselenggarakan di Kuala Lumpur Juli 2010, saya pun membawakan strategi social media SOYJOY sebagai studi kasus dan mendapat tepuk tangan meriah dari ratusan peserta yang datang dari berbagai negara Asia seperti Hongkong, Singapore, Filipina dan tentu saja Malaysia.

“Wow. Indonesia is very advance in using social media as a marketing tools”

“ One kicking study case from Indonesia. Never know Asia got a great example of Social media marketing”

Adalah contoh beberapa komentar yang mampir ke saya begitu saya turun dari podium.

Lebih dari tujuh ribu peserta dalam dua pekan. Buzz yang tinggi, puluhan ribu pembicaraan yang positif di social media. Publikasi di lebih dari 50 media cetak dengan ROI PR milyaran rupiah. 1 bulan setelah campaign, muncul di halaman pertama Google dengan menguasai sejumlah kata kunci yang relevan. Menjadi satu-satunya website bahasa Indonesia di halaman 1 Google untuk keyword terkait Glycemic Index. Itu beberapa hal yang membuat strategi social media SOYJOY diapresiasi banyak pihak.

“Meski belum diriset khusus, namun strategi social media SOYJOY membawa dampak signifikan pada kenaikan sales. Dan yang terpenting dari semua hal di atas, Soyjoy healthylicious menginspirasi orang-orang untuk hidup sehat” kata Ricky Suhendar di depan peserta seminar.

Apa yang membuat social media SOYJOY berhasil? Ada beberapa faktor:

  1. Online Strategy dan Social Media Strategy yang komprehensi
  2. Dukungan korporasi, dalam hal ini CEO Otsuka
  3. Keterlibatan aktif dan passion dari pemilik brand. Duo SOYJOY, Ricky Suhendar dan Autami adalah contoh bagaimana seharusnya pemilik brand bersikap ketika mereka memutuskan masuk ke social media. Tidak lepas tangan, tapi terlibat habis-habisan, dengan sepenuh hati.
  4. Eksekusi yang terus dipantau setiap MENIT dari mulai buzz management hingga conversation monitoring. Untuk ini, setidaknya ada delapan orang khusus untuk mengurus social media SOYJOY yang dipimpin oleh Online PR Manager dan Account Consultant Manager
  5. Integrasi dengan team Public Relation untuk menciptakan buzz yang lebih besar

foto: Autami dan Ricky Suhendar

Memiliki presence di social media itu mudah. Namun membuatnya hidup, dikenal, dibicarakan, dan bermanfaat untuk bisnis, perlu strategi dan kemampuan ‘mengelola napas’ sehingga investasinya bertahan bertahan jangka panjang.

37 Responses to “Strategi Social Media SOYJOY Indonesia: dari Studi Kasus Asia, Kini Mendunia”

  1. didut says:

    Congratzz dan goodluck always mbak :)

  2. wah..mantap…

    taun depan ada lagi ga ya?? *ikutan lagi*
    :mrgreen:

  3. selamat buat Virtual.. idenya emg kelas dunia!

  4. warm says:

    keren !
    membanggakan ya
    selamat buat sampeyan, mbak
    :)

  5. anto says:

    selamat!!

    keep sharing & running

  6. agus says:

    http://twitter.com/soyjoyID cuma 1,793 follower?

    okeedeee kakak

  7. iimfahima says:

    Agus: menghitung dampak di social media itu bukan tergantung dari jumlah follower. Number doesn’t say anything ketika tidak menimbulkan gelombang yang besar.

  8. Congrats for Virtual Team untuk achievement nya. Luar Biasa. Keep up the good work.

  9. Erik Tapan says:

    Setuju. Muantap benar. Menghitung dampak Social Media harus dihitung dari berapa omzet yang naik. Bravo Bozz Nukman.

  10. Selamat buat tim virtual…tetapi tetap saja seharusnya ukuran dari semua program komunikasi adalah sales bagi sebuah produk. PR bagi para agency untuk mengangkat sales melalui program-program yg menarik. Walaupun itu tidak mudah tetapi seharusnya bisa dilakukan.

  11. bayu bagja says:

    WOW, congrats Virtual Consulting! saya selalu ngikutin blog ini.

  12. Affi Khresna says:

    Nderek bingah lan seneng. Urip ikue sejatine agawe urup.
    Semoga bisa menginspirasi orang orang bangga pada indonesia.

  13. mh says:

    keren ya.. ide yang bisa jadi duit ya seperti ini deh..

  14. Aria Hamdani says:

    Congrats, mbak Iim & team! :)

    Saya setuju dengan faktor nomor 2 & 3 itu penting banget. Terus terang saya masih sulit bisa dapat kedua faktor itu di kultur kebanyakan perusahaan yg ada sekarang. Mudah2an kultur itu bisa cepat berubah. :)

  15. Cesar says:

    mangstab euyy..!!

  16. mutyaArum says:

    Wowwww!!! Ternyata gak sia sia kerja keras untuk #SOYJOYHealthylicious

    Proud to be part of this team! :)

  17. nagacentil says:

    menunggu gebrakan selanjutnya dari tim Virtual, setelah SoyJoy berikutnya The Body Shop Indonesia… yiihaa
    Kreatitas itu kekayaan negeri ini yang musti terus diasah, sukses yaa tim Virtual

  18. lina says:

    wowww…kereennn..
    congrats buat Virtual!

  19. Tuhu Nugraha says:

    @ Agus, sedikit menambahkan penjelasan Mbak Iim, kebetulan saya terlibat dalam tim ini. Tujuan utama program ini memang bukan mendapatkan follower sebanyak-banyaknya. Social media digunakan secara terintegrasi dan serempak untuk mendukung program, dimana program ini rumah sebenarnya ada di website soyjoy.co.id/healthylicious, bukan di Twitter.
    Brief awal kenapa muncul program ini adalah dalam rangka edukasi tentang SOYJOY sehat, dan memperkenalkan website Soyjoy ke publik.
    Jadi jumlah follower di Twitter mungkin bisa menjadi ukuran keberhasilan sebuah kampanye, tetapi dalam kasus Soyjoy Healthylicious Twitter sekedar alat untuk mencapai tujuan utama. Walaupun cuman segitu, gaung Twitter Soyjoy mampu menggiring bukan hanya konsumen tetapi juga media untuk meliput di setiap pres conference SOYJOY Healthylicious.

    Beruntung saya bisa jadi bagian kecil tim ini, dan kerja bareng dengan orang-orang yang hebat dan solid sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang diakui, dan menginspirasi.

  20. adma sari says:

    bravo..well done :)

  21. -tikabanget- says:

    keren banget, mbak..

  22. Selamat buat team ID Virtual.
    Bagaimana memanfaatkan social media untuk kampanye brand soyjoy secara efektif dan efisien.
    Suksesss selalu!

  23. imam says:

    yang saya suka bagian terakhir: “investasinya bertahan bertahan jangka panjang”.

    :)

  24. imam says:

    saya suka bagian ini: “investasinya bertahan bertahan jangka panjang.” :)

  25. iqranegara says:

    asik.. ada yg bagi2 ilmu gratis!
    makin sukses aja nih Virtual
    semoga makin banyak orang yg tercerahkan manfaat online media

  26. Artikel yang sangat menarik.
    Poin 1 mungkin bisa di-eksplorasi lebih detil di postingan minggu depan….

  27. elafiq says:

    congratulation…. :)

  28. New Creative from Sosial Media neh….

  29. Fadli says:

    congrats ya… virtual keren..

  30. pututik says:

    strategi terencana yang baik beserta support yang berkelanjutan akan membawa dampak marketing tiada tara. idenya sangat bagus, apalagi saat ini orang makin sadar dengan kesehatannya tapi malas membuat dirinya sehat.

  31. Joko Susilo says:

    Studi kasus yang menarik. Usul, perlu dipersering posting soal studi kasus seperti ini. :) Salam ACTION!

  32. congratz…..well done:)

  33. Andre Birowo says:

    Menarik sekali konsep dan strategi Soyjoy Healthylicious : mendorong pengembangan bisnis dan hidup sehat, seiring sejalan.

    Salam Sehat Selalu

  34. Artikel yang inspiratif. Soyjoy bisa menjadi contoh bagaimana mengoptimalkan peran situs web yang dikombinasikan/dikonvergensikan dengan aneka ragam platform social media. Tapi, menurut saya, yang sering terabaikan di beberapa perusahaan adalah ketidakpedulian top management pada optimalisasi situs web. Alih-alih memberi bujet yg rasional, konsep saja tidak punya. Soyjoy jadi inspirasi. salu buat tim Vitual tentunya :)

  35. Haris says:

    Konsept strategi media sosial Soyjoy patut dicontohi. Good luck dan salam sukses selalu.

  36. mukhiban says:

    wah mantab, social media marketing indonesia, maju terus Indonesia

Leave a Reply




nukman @nukman
Online Strategist
tweet it
iimfahima @iimfahima
Online Marketing Communication Strategist
tweet it
adhitiasofyan @adhitiasofyan
Creative Director
tweet it
Gita Pramestyani @pramestyani
Sr Commerce Strategist
tweet it
adhitiasofyan @purnayuda
Sr Campaign Strategist
tweet it
Jayadi @jayadi72
Web Content Specialist
tweet it
Anggie Harygustia @mister_anggie
Web Content Specialist
tweet it

Komentar Terakhir.

  • Meja Belajar: - terimakasih untuk informasinya

  • intisar primula: - nice artikel Pak thanks

  • Zy: - Setuju nih sama Mas Akbar. Apakah lebih efektif menggunakan TVC atau social media juga...

  • wawasan online: - Infonya menarik, tetapi jaman sekarang sepertinya sudah banyak yang berubah.

  • Alief: - Nice inpoh gan :D

  • Pengembangan Diri: - Pikiran terbuka terhadap peluang bisnis online yang besar.. Terima kasih Bu...

Kategori


Email Subscription

Enter your email address:

Fan Box Virtual Consulting