Online Strategist, Creative Designers, Web Technologist MarComm Practitioners, E-Commerce and Education __________________________ under one roof.

Bentuk-bentuk Iklan Online

June 19, 2009
Oleh Meisia Chandra

Setelah selesai merancang content apa saja yang akan ada dalam sebuah situs web, pekerjaan (besar) selanjutnya adalah merancang produk-produk apa saja yang akan dijual dalam situs web tersebut. Berikut ini adalah bentuk-bentuk iklan online yang dapat memberi Anda gagasan baru untuk mengembangkan produk jualan Anda nantinya.

1. Direct Advertising , di mana pemasang iklan dan pemilik media berhubungan langsung dan menandatangani kontrak untuk menampilkan iklan atau inisiatif promosi lainnya.

2. Self-service Advertising: Pendekatan iklan baru di mana materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan sendiri di Online. Contoh: Blogads dan Google AdWords.

3. Ad Networks: Sebuah jaringan (network) iklan yang menghubungkan dan memediasi antara  pemasang iklan dengan pemilik situs web.  Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin. Contoh: ValueClickMedia dan Tribal Fusion.

4. Contextual Advertising: Iklan yang ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut. Contoh: Google AdSense dan Yahoo Publisher Network.

5. Twitter Advertising:  Iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek, yang didistribusikan kepada user yang membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih. Contoh: Magpie dan Twittad.

6. In-Text Advertising: Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan.  Contoh: Kontera dan Vibrant in-Text Ad.

7. Ad Network Optimization:  Jasa optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk ditampilkan dalam halaman web dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya. Contoh: PubMatic dan YieldBuild.

8. Rep Ad Agencies: agen periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brend besar ataupun agensi iklan besar. Contoh: Federated Media dan Tribal Fusion.

9. Social Advertising: Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke teman. Contoh: VideoEgg dan Meebo.

10. Video Advertising: Bentuk iklan yang ditargetkan pada content video. Berbagai format tersedia, termasuk iklan dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya content video tertentu. Contoh: Voxant dan AdSense for Video

11. RSS Advertising: Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu. Contoh: Pheedo dan Feedvertising.

12. Sponsorship: adalah bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk/layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand. Sponsorship online adalah strategi alternatif yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk banner.

Yang mana saja yang sudah kami gunakan? Melanjutkan tulisan yang sebelumnya, saya telah berjanji untuk berbagi mengenai sumber-sumber income PortalHR.com selama ini:

1. Iklan banner: Iklan ini masih menjadi sumber income utama di PortalHR.com. Kami memiliki team marketing yang handal yang telah berhasil membuat space iklan di PortalHR.com selalu penuh.

2. Text Link: Produk ini juga disediakan di PortalHR.com tetapi tidak terlalu laku. Iklan yang lebih banyak diminati masih iklan display. Selain itu, berbeda dengan dugaan kami, iklan teks yang pernah dipasang CTR (click through rate)-nya juga tidak terlalu tinggi. PortalHR.com mempunyai sejarah CTR yang cukup tinggi, bisa mencapai 2,57%.

3. Event: PortalHR.com mendapat cukup banyak pemasukan dari komisi pendaftaran event secara online.

Singkat kata, sumber income utama PortalHR.com masih sama seperti media-media tradisional, yaitu dari iklan. Bentuk model bisnis online yang paling sederhana diaplikasikan di sini, yaitu memberikan content kepada mayoritas pengunjung, dengan sejumlah kecil (minoritas) lain membayar agar jasanya terlihat oleh mayoritas tersebut.

Beberapa jenis iklan lain sudah pernah kami coba, misalnya Google AdSense. Kami  juga pernah bekerjasama dengan sebuah ad network, namun setelah dievaluasi, ternyata masih lebih menguntungkan memasarkan iklan kami sendiri.

Setiap portal memiliki karakteristik tersendiri. Kami bisa saja membuat produk-produk iklan serta feature yang canggih, seperti Twitter ad atau mungkin RSS ad, secara teknis itu tidak sulit, tetapi apakah produk tersebut akan cocok dengan karakteristik portal kita? Belum tentu. Sebagai pemilik portal sangat penting untuk mengenali karakteristik tersebut. Saya akan coba mengulas hal ini pada tulisan selanjutnya.

Tulisan sebelumnya:

1. Membuat Model Bisnis Online (1): Dari Mana Datangnya Uang?

2. Membuat Model Bisnis Online (2): Bagaimana Cara Mendapatkan Uang?

15 Responses to “Bentuk-bentuk Iklan Online”

  1. Artikel yang menarik..
    Case yang Ibu tampilkan adalah PortalHR.com yang mempunyai team marketing untuk find pengiklan secara offline.

    Untuk blogger, yang nggak punya team akan lebih cocok menggunkan Google AdSense. Atau menjadi affiliate melalui cj.com maupun amazon.com

  2. ..”karakteristik portal kita?”.. menarik … jadi bisa tau dimana posisi kita dan menentukan sendiri positioning kita ?…

    pertanyaannya benarkah tidak semua cocok , karena karakteristiknya , atau hanya kesalahan cara penyampaiannya ?

  3. Seperti yang sudah kita ketahui, tidak semua cara diatas cocok untuk diaplikasikan di berbagai “medan” berbeda. Setiap medan memiliki karakteristik yang berbeda. Untuk “medan” indonesia, metode pengiklanan seperti apa yang paling cocok dengan pasar online indonesia?

    Mungkin bisa dibuat artikel berbeda yang membahasnya secara lebih dalam dan terperinci? request dari pembaca nih.hehe :)

    Terima kasih sebelumnya. Ngomong2, tulisan2nya Ibu Meisia keren2. i like it :)

  4. kakday says:

    cocok banget artikelnya ibu Meisia, sejak awal kita harus mengetahui apa yang akan kita suguhkan dan target visitor kita siapa.

    @fikri:setuju

    ditunggu ulasan berikutnya Bu.

  5. “Kami memiliki team marketing yang handal yang telah berhasil membuat space iklan di PortalHR.com selalu penuh.”

    bagi ilmunya dong…

  6. Afrie says:

    Menarik, Mbak. Saya pernah dengar tentang Google Adsense tapi belum tahu yang lainnya.

    Thanks for sharing ya, Mbak.

    :D

  7. All, terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf baru menjawab sekarang.

    @mas Setyo, menurut saya sih teruskan dan besarkan blog mas, setelah mempunyai nilai jual, akan banyak cara untuk mendatangkan income. Termasuk, tidak tertutup kemungkinan, team sales kami akan menjualkan iklan di portal Anda, misalnya.

    @mas Saga, nanti aku minta team sales kami menulis tips-tipsnya deh ya :D

  8. om ipit says:

    lengkap banget mbak..
    bakal tak bookmark nih..

  9. imam says:

    mantab…tengkyu ya…

  10. fathir says:

    terima kasih atas informasinya, saya sedang mencari agen2 periklanan yang bisa memberi hasil. sementara ini saya mempunyai penghasilan dari text-link-ads.

    saya akan coba dengan yang lainnya… btw, makasih ya bu…

  11. wiwit says:

    Bisnisku lancar mbak ..berkat membaca artikelmu , thank’s

  12. hendry piran says:

    artikel yang SUPER

  13. FPBI says:

    Donasikan untuk kemanusiaan…

  14. banyak membantu dan dapat ilmu baru utk promosi online.. :)

  15. iyan says:

    wah super inspirasi…………..

Leave a Reply




nukman @nukman
Online Strategist
tweet it
iimfahima @iimfahima
Online Marketing Communication Strategist
tweet it
adhitiasofyan @adhitiasofyan
Creative Director
tweet it
Gita Pramestyani @pramestyani
Sr Commerce Strategist
tweet it
adhitiasofyan @purnayuda
Sr Campaign Strategist
tweet it
Jayadi @jayadi72
Web Content Specialist
tweet it
Anggie Harygustia @mister_anggie
Web Content Specialist
tweet it

Komentar Terakhir.

  • umar: - Terambat Saya……..

  • Meja Belajar: - terimakasih untuk informasinya

  • intisar primula: - nice artikel Pak thanks

  • Zy: - Setuju nih sama Mas Akbar. Apakah lebih efektif menggunakan TVC atau social media juga...

  • wawasan online: - Infonya menarik, tetapi jaman sekarang sepertinya sudah banyak yang berubah.

  • Alief: - Nice inpoh gan :D

Kategori


Email Subscription

Enter your email address:

Fan Box Virtual Consulting

Warning: Unknown: open(/var/lib/php/session/sess_12etfc4nqm7cmbl94qt46ksm35, O_RDWR) failed: No space left on device (28) in Unknown on line 0 Warning: Unknown: Failed to write session data (files). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php/session) in Unknown on line 0