Online Strategist, Creative Designers, Web Technologist MarComm Practitioners, E-Commerce and Education __________________________ under one roof.

Tiga Rahasia Memilih Nama Produk atau Domain

July 27, 2007
Oleh Nukman Luthfie

Masih ingat postingan saya enam bulan lalu mengenai betapa susahnya memilih nama domain yang keren? saya tiba-tiba teringat hal itu karena beberapa waktu lalu mendengarkan siaran di radio mengenai rahasia memilih nama merek. Yang dibahas memang merek-merek tradisional. Nah, karena di dunia maya nama domian identik dengan nama produk, maka saya angkat lagi masalah ini. Detikcom, secara merek dikenal, karena memakai domain detik.com. Astaga! mudah diingat karena berdomain di astaga.com. Demikian pula halnya dengan PortalHR.com, Yahoo.com, Google.com, Yogyes.com, dan seterusnya.

Menurut pakar pemasaran Handi Irawan D., MBA, MCom. di SmartFM Jakarta, ada 3 hal penting dalam memilih nama produk atau merek. Saya kira ketiga hal itu juga berlaku di Internet. Ketiganya adalah:

1. Mudah diingat

Jangan pernah membuat merek yang sulit diingat. Semakin mudah nama merek diingat, semakin mudah melekat ke benak konsumen.

Hal yang sama berlaku dalam hal memilih domain di Internet. Detik.com dan Astaga.com adalah dua contoh nama lokal yang amat bagus di Internet: mudah diingat, dan…. ini yang tak kalah penting di dunia maya: kemungkinan salah ketik domain amat kecil. Ingat lho, salah satu cara mengakses domain di Internet adalah dengan mengetikkan namanya di browser.

2. Memiliki relevansi dengan kategorinya

Nama produk atau merek yang relevan dengan kategorinya akan semakin mudah menancap di benak konsumen. Aqua adalah contoh yang tepat dalam hal ini. Aqua relevan dengan air. Aqua kini menjadi top mind dalam air mineral. Tapi bukan berarti merek yang tak memiliki relevansi tidak akan sukses. Kapal Api misalnya, meski tidak ada hubungannya dengan kopi, tetap saja dikenal sebagai kopi yang disukai konsumen. Sayangnya, hanya mereka yang memiliki budget promosi besarlah yang dapat melakukan hal ini. Merek Astaga.com bisa melesat luar biasa menandingi Detik.com pada awal tahun 2.000-an juga karena budget promosi yang jauh di atas Detik.com.

Bagi dotcomers pemula, saya sarankan untuk memilih domain yang relevan dengan kategorinya. Itu juga yang saya lakukan ketika menggarap pasar khusus di sumber daya manusia. Saya memilih nama PortalHR.com. Meski baru lima bulan lalu diluncurkan secara resmi, nama PortalHR.com sudah cukup akrab di kalangan praktisi dan konsultan SDM di Indonesia.

3. Unik

Pengertian unik menurut Handi Irawan adalah berbeda dengan pesaing. Jangan pernah membuat nama merek yang mirip nama pesaing karena akan membingungkan konsumen.

Selamat memilih nama domain!

Tautan:

Susahnya Mendapatkan Nama Domain yang Keren 

64 Responses to “Tiga Rahasia Memilih Nama Produk atau Domain”

  1. Endy says:

    @yulianto: iklan gratis juga menyediakan iklan berbayar, tetapi dgn PR 0, harga 50rb/bln, apa udah dipikirkan lagi?

  2. dagus says:

    #48 mas yulianto
    saya pribadi kok mendengar kartubisnis.com seperti kayamendadak.com, atau rajaduit.com, atau investasipastiuntung.com dsb.

  3. Mas, saya memilih domain ini http://www.villasreservation.com dan baru 3bulan online kendalanya memang pomosi di search engine Dll untuk mencapai peringkat dibawah 10 perlu biaya banyak memang sih menunggu waktu tapi mereka yang punya dana promosi besar bisa meraup keuntungan besar

    Mohon share pengalaman dong ada solusi marketing dengan dana yang minim menghasilkan peluang yang besar

    Thanks alot

  4. East3oy says:

    22 August 2007
    http://us.cnn.com/2007/TECH/08/22/kids.domains.ap/index.html

    [...]
    A small but growing number of parents are getting domain names for their young kids, long before they can do more than peck aimlessly at a keyboard.

    It’s not known exactly how many, but the practice is no longer limited to parents in Web design or information technology.
    [...]

    Hehehe, di Indonesia sudah banyak yang melakukannya bahkan sebelum berita ini diturunkan.

    http://www.rachel-setyaningrum.com/2007/07/nama-domain-rachel-setyaningrumcom.html

  5. Yulianto says:

    #51 mas Endy

    PR 0, karena baru sebentar. Sekarang pun harganya sudah naik 100ribu per bulan. Kita nilai bukan dari PR, masih banyak yang bisa dihargai. Coba cari “iklan gratis” di google, hari ini tanggal 30 Agustus 2007 kartubisnis.com ada di peringkat 10.

  6. ikutan nimbrung neh….
    Pak Nukman saya mo tanya dikit, selain pemilihan domain yang unik dan gampang dinget faktor lain yang dapat meningkatkan trafik ada gak misalnya submit di beberapa site directory??
    Makasih sebelomnya dan salam kenal dari yang baru belajar ngeWEB(newbie)

  7. Yulianto says:

    Untuk meningkatkan traffic bisa dengan SEO(search engine optimization). SEO itu sendiri adalah topik yang luas, dan tidak mungkin dikupas disini.

    Yulianto
    glorindo.com

  8. muhammad says:

    Assalamulaikum

    Saya baru melangkah menjadi netpreneur dengan web saya libaassunnah.com hmm namanya agak sulit soalnya ingin bikin sesuatu yang unik dan beda dengan yang lain. Tapi sedih juga belum ada customer sama sekali ….gimana cara memperoleh customer mohon bantuannya. Traffic baru sedikit sekitar 100 visit dalam sebulan tapi 0 customer. Web saya baru berjalan sebulan ini kira-kira berapa lama sebuah web komersial memperoleh customer pertamanya.

  9. catur pw says:

    #58 Mungkin bisa dicoba online marketing strategy nya, seperti misal salah satunya dengan mencari forum2 diskusi yg ramai pengunjung dan membahas topik yg sama dengan produk yg ada di website anda, selain itu juga bisa melalui milis2 yg membahas produk anda, satu hal yg perlu diperhatikan adalah anda harus menjaga betul penggunaan kata-kata dlm posting atau email anda supaya pesan anda dpt dengan mudah masuk ke benak calon consumen. :P

    Kini saatnya anda menggunakan teknik “permission marketing” bukan “interuption marketing” (refferensi buku: “Permission Marketing, Turning Strangers Into Friends, and Friends into Customers” by Seth Godin)

  10. East3oy says:

    http://www.carimuka.com sepertinya bakal sukses bentar lagi. nama domain yang pas dan unik, content yang fun dan interaktif. two thumbs up!

  11. Tyovan says:

    Pak nukman ni webproject punya saya (www.vemobo.com), rencana yang bikin webdevelopment company ntu lho…

    Gimana dengan domain saya ntu, apa sudah sesuai dengan strategi pemilihan domain bwat branding ??

  12. Tonny says:

    Kepada pak Nukman, saya dari http://www.duniacyber.com mau bertanya, kalau bapak sebagai pengunjung pada sebuahsitus portal iklan apa yang bapak harapkan?? Cepat?Terkenal?Rame?atau bagus designnya? Dan menurut bapak web duniacyber.com sebagai portal iklan unik cocok tidak?? dan bagaimana mnesiasati portal iklan sekarang yang tumbuh seperti jamur?? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih. dan sukses untuk Pak Nukman..

  13. ipank says:

    hallow pak nuk… boleh kan manggil “pak nuk” aja…

    pak mau tanya nih… saya beberapa kali membikin website buat orang tapi nampaknya kurang berhasil mereka… apa yang mnyebabkan itu ya…. http://www.girlie-magz.com http://www.familys-doctor.com http://www.pasarinfo.com dlainnya… knp ya…
    apa harus di rubah namanya atau giman gitu…

    tolong jawab ya pak nuk…

    terima kasih…

  14. Okki says:

    Tipsnya bagus banget pak.

    Memang diperlukan waktu lebih untuk memilih nama domain yang tepat.

Leave a Reply




nukman @nukman
Online Strategist
tweet it
iimfahima @iimfahima
Online Marketing Communication Strategist
tweet it
adhitiasofyan @adhitiasofyan
Creative Director
tweet it
Gita Pramestyani @pramestyani
Sr Commerce Strategist
tweet it
adhitiasofyan @purnayuda
Sr Campaign Strategist
tweet it
Jayadi @jayadi72
Web Content Specialist
tweet it
Anggie Harygustia @mister_anggie
Web Content Specialist
tweet it

Komentar Terakhir.

  • intisar primula: - nice artikel Pak thanks

  • Zy: - Setuju nih sama Mas Akbar. Apakah lebih efektif menggunakan TVC atau social media juga...

  • wawasan online: - Infonya menarik, tetapi jaman sekarang sepertinya sudah banyak yang berubah.

  • Alief: - Nice inpoh gan :D

  • Pengembangan Diri: - Pikiran terbuka terhadap peluang bisnis online yang besar.. Terima kasih Bu...

  • umar: - oooo begitu ya…??

Kategori


Email Subscription

Enter your email address:

Fan Box Virtual Consulting