Online Strategist, Creative Designers, Web Technologist MarComm Practitioners, E-Commerce and Education __________________________ under one roof.

Kick Andy, Andy F Noya dan Internet

April 21, 2008
Oleh Nukman Luthfie

Andy F Noya, host acara Kick Andy, sadar betul betapa hebatnya pengaruh Internet terhadap acara tevenya tersebut. “Dari situs web KickAndy.com, kami bisa mendapatkan banyak topik yang diusulkan oleh pemirsa,” katanya Kamis lalu di seminar Internet Marketing Outbox, yang diprakarsai oleh Arbey Indonesia. Kebetulan saya salah satu pembicaranya, sehingga sempat mendengarkan langsung bagaimana tim Kick Andy bisa mendapat banyak insight dari komentar-komentar di web KickAndy.com.

KickAndy.com memang dijadikan studi kasus pada seminar ini. Dengan gayanya yang khas, cerdas, dan komunikatif, Andy Noya memaparkan bagaimana webnya amat mendukung kesuksesan acara tevenya. Mantan pemimpin redaksi MetroTV itu mengaku tidak begitu paham Internet. Namun, didukung dengan tim teknisnya, ia bisa mendapatkan banyak manfaat positif dari dunia maya. Mendapatkan insight dan ide cerita dari pengunjung web, hanyalah salah satunya.

Yang tak kalah pentingnya adalah komunikasinya dengan penggemarnya. Mereka bisa berkomentar di web karena komentar di teve tidak bisa dilakukan oleh semua orang mengingat waktu tayang acaranya yang terbatas. Mereka bisa mengusulkan topik-topik kesukaan mereka. Mereka juga melihat topik-topik yang akan ditayangkan di pekan-pekan berikutnya. “Dengan demikian, mereka bisa memilih topik yang disukai dan menyempatkan nonton,” katanya.

Kick Andy, Andy F Noya dan InternetMeski ada saja penggemarnya yang nongkrong di depan teve setiap Kamis pukul 22.05 WIB dan atau Minggu jam 15.05 WIB, tetap ada saja yang tidak sempat. Maka Andy pun menyediakan versi teksnya di web dan versi online-nya di Youtube.com, untuk mengobati kekecewaan mereka.

Kecuali itu, interaktivitas web dimanfaatkan betul oleh Andy. Ia misalnya, di setiap akhir acara tevenya selalu menyediakan hadiah buku bagi pemirsanya yang diundi melalui web. Ini cara cerdik mengintegrasikan acara teve dengan web. Tidak mengherankan jika pengunjung web KickAndy.com ini cukup tinggi: sekitar 85 ribuan visit per hari.

Bahkan, untuk mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah buku, peserta harus mengisi data-data pribadi, termasuk no telpon dan no HP, jenis kelamin, alamat serta tanggal lahir. Anda tahu sudah berapa yang mendaftar hingga kini? 600.000 (iya, enam ratus ribu) orang. “Dan 85% datanya sahih,” kata Jemmy Bagota, eBusiness Manager MetroTV.

Memadukan teve dan web, berkomunikasi dengan audience lewat dua media tersebut, serta mendapatkan database penggemar, merupakan bukti nyata bahwa Andy Noya bukan berhasil di dunia teve. Ia juga mampu memperlebar brand-nya melalui Internet.

48 Responses to “Kick Andy, Andy F Noya dan Internet”

  1. Selamat dan sukses buat Kick Andy.

    Surprise juga kalau tidak sengaja nonton acara ini topiknya adalah yang jarang diulas tetapi memang nyata ada di dunia sekeliling kita. Hal ini menjadikan Kick Andy sebuah tontonan berkelas yang patut ditiru oleh acara sejenis. Saya juga tak menduga kalau ternyata para pemirsanyalah yang membuat KA lebih hidup dan berisi melalui komunikasi dua arah di situs webnya.

    Kalo acara Empat Mata di mana situs web resminya, yach? ;P

  2. satria says:

    coba 4 mata kayak gitu pasri lebih siip lagi, si tukul gaptek sich makanya 4mata gak punya web resminya

  3. mirza says:

    Metro menmang dari awal selalu mendigitalisasikan video beritanya dalam websitenya, tak heran hal ini juga diikuti bung andy. permasalahannya memang tidak semua acara buatan metro tv ada re-run nya di intenet. tapi ini adalah usaha yang sangat bagus dari tim kreatif kick andy. by the way punya banyak bio data pengunjung bisa dimanfaatkan untuk apa aja yah?

    salam

    mirza

  4. kamal says:

    mirip kayak perspektif.net ya…

  5. Terobosan yang sangat bagus, integrasi antara acara televisi dengan web, apalagi terjadinya perubahan gaya hidup yang serba internet…

  6. arimurti.com says:

    Internet ada dunia kedua kita, siapa yang terkenal di internet bisa membuat terkenal juga didunia nyata. Begitu juga sebaliknya.

  7. yodi aditya says:

    Cara cerdas dengan menggabungkan 2 media tentunya akan menarik banyak perhatian. Kolaborasi antara media televisi serta website tentunya akan memberikan hasil yang menakjubkan. ini versi metroTV dan Kickandy.com

    Lalu bagaimana dengan media besar seperti Rcti dan Okezone? ada informasi pak ? :)

  8. akhijaya says:

    What’s an interesting Blog..
    Salam kenal dan terimakasih atas info dan ilmunya..

  9. Duryat S says:

    kick andy memang cukup hebat dalam membawakan acara

    kalau saya bilang sih seperti wimar witoelar dulu

    salam kenal yah

  10. Tonton says:

    Wah…

    KickAndi bisa 85 ribu hits per hari. hebbbaaat.
    Donasinya laku lagi…..

    Tonton

    NL:
    Bukan hits mas Tonton, tapi visits

  11. kukuh says:

    banyak hal kemajuan di dunia internet yang mempengaruhi di tiap bidang,banyak hal informasi-informasi yang kita dapat melalui internet,contoh friendster,blog,multiply dsbnya.nah di pihak Metro TV tau akan kemajuan di sisi dunia internet.
    kenapa program acara kickandy yang disorot?bagaimana program acara yang lain diberbagai media pertelevisian?..hanya mereka2 yang mampu mengikuti kemajuan dunia internet untuk memajukan dan memperlebar di sisi dunia media

  12. Muslih says:

    Terkenal dulu di TV, baru di Internet… Bisa ga terkenal dulu di Internet baru di TV… TV tetep masih number One di Indonesia :D

  13. jonru says:

    Wah, saya baru tahu kalau boleh mengajukan topik. Hm….. kalau topiknya tentang aktivis internet seperti Pak Nukman atau Cosa Aranda, saya kira bagus juga ya Pak :)

  14. Agust Andy says:

    85rb tu unique visitor ya?
    Kereeen!

    Kayaknya bagus tu bagi-bagi hadiahnya, dan seharusnyalah kalo ditiru oleh program TV laen. Hehehe

  15. Harian says:

    sy bbrpx nonton versi video onlinenya. memang kadang ga slalu sempat nonton KA di TV meski ada 2x tayang/pekan. selamat buat KA dan tim kreatifnya.

  16. raka says:

    kick andy ada situsnya juga ya? wah, mesti dikunjungi dulu neh.

  17. saxiruf says:

    Wah Hebat… Berarti TV Bisa menjadi tempat taging yang unik :) menyebar informasi utk mendatangkan uniqe visitor(UV),So klo target kita lokal iklankan aja web di TV dari pada bayar Adwords yg Penuh biding hehe…. Tapi Iklan di TV biayanya Muahal…

  18. rey says:

    kick Andy merupakan acara TV yang sangat relevan saat ini.. sukses selalu!!

  19. Sugar says:

    Kick Andy bgs bgt kok..cukup aktual, interaktif dan menarik utk dilihat..kpn2 bahas juga donk masalah cybersex di kalangan mahasiswa dan eksekutif muda. pasti menarik.. karena skripsi saya nyangkut dgn itu..(^^) thx so much..

  20. andyf says:

    kalo ngomongin tentang ‘kick andy’, pokoknya great show. apalagi site-nya bisa punya range 85rb visitor/hari, unbelievable :-)

  21. utik says:

    ‘Kick Andy’memang benar-benar motifator.salutz dan sukses terus. Andai semua TV swasta kita punya program kaya Merto TV mungkin bangsa ini cepet pulih dari ‘sakit’ ya..

  22. Riana S says:

    hallo,

    Saya mau ikutan dpt buku undian di acara Kick Andy.. caranya gmn? browsing nya ke web kick andy pilih yg mana? apakah corner kickandy.. atau yg lainya.

    Baleeeeeeessssssss;

    Thx

  23. fawzan says:

    sukses untuk bang andy smoga materi acara bisa dikembangkan lagi

  24. Hasan Salim says:

    Acara kick andy memang bagus, dan saya sangat terinspirasi oleh tayangan tentang pengusaha ikan dari pengandaran kalau ga salah namanya susi pujiati dan pengusaha singong dari jogja. kalau boleh tau alamatnya bisa ga saya minta alamat email dari kedua pengusaha tersebut. atau website nya. sekali lagi sukses buat pa Andy F Noya atas segala idenya untuk memberikan inspirasi pada orang2 indonesia khususnya, mudah-mudahan bangsa indonesia akan menjadi lebih maju dan kreatif dengan melihat contoh dari orang-orang yang sudah sukses. terima kasih.

  25. bustanova says:

    Maaf boleh minta contact personnya Andy F. Noya g,, saya hany dr F. Psikologi Ui angkatan 2007.. Sebagai staff Acara Cangkir “Bincang Kastrat in Here” yang insya allah akan dilaksankan pada pertengahan September 2008.. kami ingin mengundang Andy F. Noya sebagai pembicara selaku tokoh pers, terkait dengan seminar yang bertema “kajian kepribadian pemimpin yang ideal”
    Tolong bantuannya.
    terima kasih
    Salam kenal

  26. denni says:

    “Anda tahu sudah berapa yang mendaftar hingga kini? 600.000 (iya, enam ratus ribu) orang.”

    saya salah satuya :p

  27. rahmat says:

    Dear andy,,,

    Good program with good host, mungkin inilah yang membawa kick andy menjadi program unggulan yang dinanti pemirsanya, perpaduan yang menarik,,, dengan materi yang di padu sangat baik…. ayo tetap semangat,,, berbagi untuk indonesia… barbagi untuk sesama…

  28. rahmatrahman says:

    saya berharap seluruh rakyat indonesia dapat menyaksikan acara ini agar dapat membuka mata.. terketuk hatinya.. dan mau melakukan sesuatu untuk sesama … untuk indonesia.. bukan saling menyalahkan… anarkis dan…akhirnya krisis.. kick andy … tetap semangat..metro tv…sukses…terima kasih untuk semua tamu yang mau berbagi untuk menjadi inspirasi bagi semua…

    rahmatrahman…
    tabalong-kalimantan selatan 71571

  29. burhan says:

    kickandy.com memang top. saya termasuk salah satu penggemar dan pernah mendaftar karena berharap dapat undian buku hehehe.

    btw, mas nukman data 85 ribu visitor per hari itu dari mana sumbernya ya? kalau saya cek di google, daily unique visitornya nggak sampai 5 ribu, pernah 5 ribu. Apa google yang salah ya? konon sih google lebih valid dari alexa.

    sebagai pembanding, data di google, daily unique visitor di detik.com dan kompas.com 200 ribu dan 100 ribu.

  30. perdana says:

    Assalmu’alaikum..
    saya Perdana Mahasiswa Planologi UGM Angkatan ’06
    selaku ketua panitia acara ‘Pasca Kuliah Kerja Perencanaan’
    ingin mengundang pula Andy F Noya sebagai salah satu pembicara dalam acara kami.Untuk itu saya mohon diberi tahu alamat contact person beliau melalui email saya: adhee_er@yahoo.com
    Mohon Kerjasamanya,
    terima kasih.

  31. eko says:

    internet memang sudah merubah paradigma bisnis seluruh dunia..

    #perdana
    coba kunjungi kickandy.com, barangkali ada alamatnya. Ato kontak aja ke metrotv.

    Kenapa gak ngundang pak Nukman aja? beliau alumni UGM lho :D

  32. Profesional dan berani beda, mungkin itu yang membedakan kick andy dengan yang lain. Pelayanannya yang menggunakan web saya kira lebih mudah dinikmati terutama untuk kalangan muda profesional yang tiap hari mengakses internet.

  33. ANGGRIANI says:

    Saya tertarik dg buku2 murah tg dtwarkan di web tsb. Tp saya belum tahu bagimana jika ingin membelinya

  34. ANGGRIANI says:

    Oiya, kalau ingin ikutan buku gratis bagaimana? terimakasih

  35. joko purnomo says:

    bagaimana caranya agar saya di daerah dapat langsung menghadiri pada setiap acara yang di tayangkan dan bagaimana seandainya kick andi membuat suatu program acara ke daerah / seminar / pertemuan secara terbuka

  36. satria says:

    mau tanya alamat email kick andy atau apa yang berhubungan. saya pengen mengirim artikel tentang penemuan perusahaan tempat saya bekerja

  37. satria says:

    mohon bantuannya bisa di kirim via email (satriakinayung@yahoo.co.id) atau sms 08983533099
    atas kesediannya saya ucapkan terimakasih

  38. henny says:

    Saya baru baca artikel Kompas hari Kamis,12 Februari 2009 judul PENCERDASAN ANAK BANGSA DARI BAWAH KOLONG TOL.Saya mau sarankan untuk diangkat dalam show bapak.Agar pesan dapat disampaikan kepada pemerintah dan eksekutif kita,bagaimana realitas yang ada dan apa kontribusi yang dapat diberikan.Terima kasih atas kesediaan bapak.

  39. ilham halik lanugraha says:

    perkenalkan nama say ilham hlik lanugraha
    say mahasiswa upn Veeteran yogyakarta
    saya bergabung dalam Ikatan Ahli teknik perminyakan seksi Mahasiswa (IATI-SM)
    Kami mengadakan sebuah Talk Show dengan judul Srikandi perminyakan
    dengan mengundang pembicara dari dierektur pertamina Terbaru
    boleh kami mengundang Kick Andy sebagi sponsor dalam kegiatan kami

  40. Siswadi says:

    kick andy pancen top markotop!

  41. Dita says:

    Emang keren nih acara…walopun di Andy nya agak kaku kalo ngebawain acara nya.dan bahasa nya kadang2 garing…tapi isinya sangat bermutu..

    Sukses terus bung…

  42. indria says:

    kick andy… banyak menginspirasi, terutama saya sebagai anak muda.

  43. pardjaman says:

    kick andi hebaaatt..

  44. winda says:

    kick andy hebat….
    acaranya bagus mengupas tuntas masalahnya
    banyak menginspirasi saya anak muda

  45. rossi says:

    prgram acara kick andy hendaknya menjadi contoh bg stasiun TV yg laen, krn tayangannya tdk membosankan, memberi motivasi dan penuh kreatifitas bg semua orang. mudah-2an bangsa indonesia menjadi bangsa yg besar dan pintar tidak bodoh dan tdk malas, majulah bangsaku Tuhan tetap bersama kt. Amin…………..

  46. s.suprapto says:

    Mas tayangan anda jum’at tgl 19/03/2010 bagus sekali, dengan kehidupan bpk n ibumu pas2an anaknya bisa mejadi Doktor…bisa menjadi contoh buat kalangan generasi muda . Coba kalau bisa ditayangkan / disiarkan Mbah Gender ( wanita ) di Sleman Yogya yg berumur 100 thn berjuang mikul gender ksana kmari ( ngamen ) buat mencari sesuap nasi, saya yakin kick andy akan smakin huebattt. thx

  47. Sosimus Yuto says:

    Dear Bung Andy

    Saya sangat mengagumi program Kick Andy, selalu menyentuh hati. Bagaimana caranya menghubungi Bung Andy yang super sibuk…? Saya pernah bertemu dan bertatap muka dgn Bung Andy th 2003 kalo tidak salah di Pkl. Kerinci Kab. Pelelawan PT. RAPP Hotel Unigraha. Belum ada Kick Andy. Yang ada Andy F. Noya. Saya orang Dayak berasal dari Kalimantan Barat, Kab. Sintang. Orang tua saya punya rekor yg cukup unik. Menjadi wakil rakyat TK II dan TK I dari th 1968 s/d 2009 nonstop. Yg menjadi unik beliau tetap bersahaja, tidak banyak harta benda. rumah masih yg lama dibangun th antara th 50 an sampai 6o an, masih utuh sampai saat ini. tidak ada pensiun dan sangat sosial sekali. Saat ini sy sedang membuat autobiografinya…..selain jadi wakil rakyat pernah mengabdi di yayasan sekolah swasta didaerah selama 35 th. sangat dikenal oleh orang banyak terutama di kampung2. Cukup unik dan menarik bukan….apalagi ybs Keturunan Samurai…..bagaimana Bung Andy….mudah-mudahan email saya ini bisa sampai ke Bung Andy. Regards

  48. nova angginy says:

    bapak ibu yang terhormat…
    saya mohon bantuannya bagi yang mengetahui alamat pihak manajemen Andy F Noya yg bs dihubungi… tlong kirimkan ke email sya di
    zhenry.life@gmail.com
    trima kasih banyak

Leave a Reply




nukman @nukman
Online Strategist
tweet it
iimfahima @iimfahima
Online Marketing Communication Strategist
tweet it
adhitiasofyan @adhitiasofyan
Creative Director
tweet it
Gita Pramestyani @pramestyani
Sr Commerce Strategist
tweet it
adhitiasofyan @purnayuda
Sr Campaign Strategist
tweet it
Jayadi @jayadi72
Web Content Specialist
tweet it
Anggie Harygustia @mister_anggie
Web Content Specialist
tweet it

Komentar Terakhir.

  • intisar primula: - nice artikel Pak thanks

  • Zy: - Setuju nih sama Mas Akbar. Apakah lebih efektif menggunakan TVC atau social media juga...

  • wawasan online: - Infonya menarik, tetapi jaman sekarang sepertinya sudah banyak yang berubah.

  • Alief: - Nice inpoh gan :D

  • Pengembangan Diri: - Pikiran terbuka terhadap peluang bisnis online yang besar.. Terima kasih Bu...

  • umar: - oooo begitu ya…??

Kategori


Email Subscription

Enter your email address:

Fan Box Virtual Consulting