Online Strategist, Creative Designers, Web Technologist MarComm Practitioners, E-Commerce and Education __________________________ under one roof.

Berhadiah: Apa Bedanya Marketing, Public Relations, Advertising dan Branding?

November 8, 2007
Oleh Nukman Luthfie

Beberapa email yang masuk secara privat ke saya kadangkala masih mencampuradukkan pengertian Marketing, Public Relations, Advertising dan Branding — yang tentu saja berkaitan dengan dunia maya. Tidak mudah menjelaskannya. Untung, saya menemukan penjelasan sederhana mengenai hal ini ketika tersesat di sebuah ajang diskusi online para praktisi Marketing, Public Relations, Advertising dan Branding di negeri Paman Sam.

Simak gambar di bawah ini:

marketing-pr-advertising-branding.png

Ada yang bisa memberi penjelasan gambar di atas?

Penjelasan terbaik akan mendapat hadiah khusus.

Kuis ini berlangsung selama sepekan. Dimulai Kamis, 8 November 2007, dan akan ditutup Kamis, 15 November 2007.

Catatan pada tanggal 16 November 2007:

Saya akhirnya memilih mas Andrias Ekoyuwono sebagai pemenang (jawaban no 12), karena ia juga bisa memberikan koreksi bahwa gambar pertama bukan marketing, melainkan direct marketing.

Selamat untuk mas Andri.
Anda mendapatkan hadiah voucher berbelanja di carrefour sebesar Rp 250.000,-

67 Responses to “Berhadiah: Apa Bedanya Marketing, Public Relations, Advertising dan Branding?”

  1. MARKETING: Adalah salah satu bidang dalam sebuah organisasi yang dalam hal ini adalah perusahaan.tugas dan fungsi marketing adalah sebagai lembaga yang langsung melakukan penetrasi pasar terhadap customer atau segmen pasar yang sedang digarap oleh perusahaan dengan menawarkan produk yang dihasilkan.dengan kata lain marketing dalam hal ini akan berhadapan langsung dengan custumer dan dengan tegas akan merekrut segmentasi pasar ini untuk menjadi custumer.
    PUBLIC RELATIONS: Adalah sebuah lembaga yang berada dalam perusahaan yang melakukan usaha/kegiatan/fungsi manajemen untuk mempertahankan dan menciptakan citra positif serta kepercayan (image building) public internal dan exsternal terhadap produk yang ditawarkan. dan yang dimaksud public adalah karyawan, pemegang saham, masyarakat sekitar, klien atau custumer dan media massa.
    ADVERTISING: Dalam hal ini yang dimaksud advertising adalah cara dan alat dalam mempertahankan dan melanjutkan apa yang telah diupayakan oleh merketing dan public relations dalam mengenalkan produk yang telah dipresentasikan ke custumer yaitu lewat berbagai media yang mendukung dalam merekrut custumer Diantaranya adalah koran, radio, spanduk, leaflet, event dll. sehingga calon custumer akan menjadi yakin dengan produk yang telah ditawarkan.
    BRANDING: adalah upaya dalam memonitor costumer yang telah menjadi klien dan berusaha mempertahankan keinginan costumer dan disesuaikan dengan kondisi produk yang telah ada, tidak hanya itu saja branding dalam hal ini adalah membuat motifasi dan inovasi terhadap klien dan produk yang sesuai dengan selera pasar yang telah atau akan di garap.

  2. qomar says:

    branding adalah nilai yang tergantung sebuah produk sehingga penawaran mendapat respon oleh konsumen

    advertising adalah salah satu alat promosi yang digunakan marketer dalam menyampaikan nilai sebuah produk sehingga konsumen akan menerima( membeli) produk tersebut

    Pr adalah sebuah ilmu yang digunakan untuk memasukkan “good will” sebuah produk ke dalam benak konsumen tanpa ada target konsumen harus membeli produk kita

    marketing adalah strategi mempengarui konsumen dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan sehingga puas dengan keuntungan yang lebih
    ok itu adalah unek -unek saya boz
    mohon bimbingannya bozzzzzzzzzzzzzzz

  3. Tuhu says:

    Marketing: Bagaimana kita ingin produk kita dipersepsikan oleh konsumen
    PR: Berusaha menyakinkan pada konsumen dengan menggunakan pihak ketiga sebagai orang yang menyampaikan pesan kita pada konsumen
    Advertising: Perusahaan langsung menyampaikan kepada konsumen dengan berulang kali informasi tersebut disampaikan ke konsumen, karena diharapkan dengan berondongan informasi yang disampaikan pesan tersebut akan sampai ke konsumen
    Branding: Konsumen mempersepsikan produk kita sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan

  4. Delvian says:

    Public Relations, Advertsing, Branding adalah merupakan bagian dari Marketing.

  5. wakakakaka…ketinggalan inpo….
    hari ini dah mau tutup neh lombanya….

    anyway…. konsep mulu semuanya… jualannya kapan??…

    percaya belum tentu membeli lho……

    di dunia internet (gambar 1, gambar 2, dan gambar 3) bisa saja dilakukan oleh orang yama…alias itu-itu juga….

    tambahin tuh gambarnya satu lagi… saat aksi membeli….

    marketing = rencana jualan
    PR = pelayanan/servis kepada pembeli
    Advertising = menyampaikan inpormasi “apa” yang mau dijual
    Branding = kepercayaan….

  6. Verdinand says:

    branding, public relation dan advertising itu termasuk marketing.
    Jadi marketing itu konsep besar dari ketiga komponen di atas.

  7. banis says:

    Coba jawab yaaaaaa.. Moga-moga benerrrr..

    Marketing adalah upaya memasarkan sesuatu kepada target pasar tertentu untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda, apakah attention, interest, desire atau action. Misalnya seorang lelaki memasarkan dirinya pada seorang wanita dengan mengucapkan “I love you.”

    Advertising adalah upaya marketing yang bersifat persuasif. Misalnya untuk mendapatkan perhatian si wanita, atau menjadikan dirinya dilirik wanita, atau ingin supaya si wanita memiliki dirinya, atau bahkan ingin supaya wanita tersebut mendekati dirinya, si lelaki berulang-ulang mengucapkan “I love you! I love you! I love you!” (ih gombal)

    Public relations adalah suatu program terencana yang dilakukan sebagai usaha agar publik memiliki persepsi yang sama dengan dirinya. Public Relations bisa diserahkan pada pihak ketiga, misalnya meminta seorang sahabat untuk meyakinkan si wanita bahwa si lelaki memang OKE BO!

    Branding adalah persepsi yang didapat oleh publik dari usaha-usaha di atas. Misalnya brandingnya Virtual Consulting adalah integrated internet solution. Atau brandingnya babe adalah bos yang pintar. Dan kalo hadiah yang didapat si pemenang kuis ini adalah sepatu, maka brandingnya babe jadi bos yang pintar merayu orang pake sepatu. Hihihihihi…

  8. Tjhie Kiet says:

    Menurut Pendapat saya:

    Marketing : tindakan mengumumkan suatu kebaikan dari salah satu sudut pandang atas produknya, menawarkannya dan menjualnya ke umum.

    Public Relation : Proses menyakinkan kepada umum melalui pihak ketiga atas produk yang akan dijual.

    Advertising : Aktivitas yang berulang -ulang dengan berbagai cara dan media dalam mengingatkan para kosumen atas kelebihan / manfaat suatu produk.

    Branding : merupakan output dari Marketing, Public Relation, Advertising yaitu berupa pengakuan dan kepuasan dari konsumen.

  9. Hm… inilah saatnya saya mengumumkan pemenangnya.
    Jujur, saya sulit memilihnya. Mengapa? Karena perbedaan antara ketiga terminologi di atas terlalu sederhana jika ditunjukkan dengan gambar di atas. Gambar di atas mungkin cocok untuk personal (personal marketing, PR dan branding), dan tidak cocok untuk produk/jasa.

    Kalau mengacu pada text-book maka gambar di atas salah. Marketing misalnya, sesungguhnya adalah memahami keinginan dan kebutuhan user, dengan 4 komponen utamanya, biasanya disebut 4P (product, price, place, promotion) bahkan ada yang menambahkan menjadi 6P (people, process).

    Hanya saja, untuk awam, gambar di atas sangat membantu. Hampir semua jawaban mampu menjelaskan gambar di atas dengan benar.

    Saya akhirnya memilih mas Andrias Ekoyuwono sebagai pemenang (jawaban no 12), karena ia juga bisa memberikan koreksi bahwa gambar pertama bukan marketing, melainkan direct marketing.

    Selamat untuk mas Andri.
    Anda mendapatkan hadiah voucher berbelanja di carrefour sebesar Rp 250.000,-

  10. hehehe….maturnuwun pak :-D
    *spam*

  11. Cah Jogja says:

    Duh, adik angkatanku di Ikomp UGM ini memang hebat :D

  12. alponco says:

    ehm..mau nanya soal IMC vs MPR,,apa bedanya?..trus boleh minta referensi buku/ artikel ga?..butuh pencerahan nih!!..trim’s

  13. sari says:

    yah….telat nie..
    mau dong lg kuisny
    asik juga ngeblak-blakan kaya’gini
    btw Ikomp angkatan brapa

  14. isnawati sandi says:

    marketing sesuai dengan arti bahasanya market artinya menjual. jadi tujuan akhirnya adalah uud ( ujung – ujungnya uang)

    Public relation artinya lebih pada hubungan relasi . yang berujung pada citra , UUC(ujung-ujungnya citra)

    Advertising berfungsi sebagai iklan sekaligus menbujuk orang untuk kenal, jadi advertising berguna sebagai market maupun pembujukan (tugas PR)

    Branding adalah sesuatu yang telah dibentuk dan berfungsi sebagai pengenalan.

  15. Ansori says:

    marketing : menjual
    public relation : kerjasama
    advertising : promosi

  16. atick says:

    meliat dari gambar penjelasan sederhana saya
    *marketing menyampaikan & membujuk konsumen secara langsung dengan tujuan untuk membeli (I’m a great a lover)
    *public relations di sampaikan oleh pihak ketiga (organisasi)yg bertanggung jawab memberikan info dan menyakinkan konsumen dan meraih simpati sehingga menumbuhkan ketertarikan (trust me, He’s a great lover)
    *advertising menyampaikan berulang ulang (media iklan)untuk memberikan sugesti/mempengaruhi pikiran (I’m a great a lover-sebanyak2nya)
    *branding menumbuhkan hubungan emosional dengan produk yg di targetkan yg akhirnya bisa kenal atau di mengerti oleh konsumen (I understand you’re a great lover)

  17. aku lebih paham yang dijelaskan oleh gambar ketimbang komentar2 di bawahnya. terima kasih

Leave a Reply




nukman @nukman
Online Strategist
tweet it
iimfahima @iimfahima
Online Marketing Communication Strategist
tweet it
adhitiasofyan @adhitiasofyan
Creative Director
tweet it
Gita Pramestyani @pramestyani
Sr Commerce Strategist
tweet it
adhitiasofyan @purnayuda
Sr Campaign Strategist
tweet it
Jayadi @jayadi72
Web Content Specialist
tweet it
Anggie Harygustia @mister_anggie
Web Content Specialist
tweet it

Komentar Terakhir.

  • umar: - Terambat Saya……..

  • Meja Belajar: - terimakasih untuk informasinya

  • intisar primula: - nice artikel Pak thanks

  • Zy: - Setuju nih sama Mas Akbar. Apakah lebih efektif menggunakan TVC atau social media juga...

  • wawasan online: - Infonya menarik, tetapi jaman sekarang sepertinya sudah banyak yang berubah.

  • Alief: - Nice inpoh gan :D

Kategori


Email Subscription

Enter your email address:

Fan Box Virtual Consulting